Wednesday, May 4, 2016

Bagi Agan-Agan Seorang Perokok, Jangan Pernah Lakukan Ini!

Jumpa lagi nih ma OOM-OOM YANG UNGGUL DARI SEGALA GENERASI.
Dalam thread ini, Oom sama sekali gak ngelarang Agan untuk merokok. karna Oom tau diri juga. Tapi thread ini cuman menghimbau buat Agan yang merokok, jangan coba-coba ngelakuin hal-hal ini:

1. KESERINGAN NGUTANG DI WARUNG

Bagi para perokok yang bokek, tolonglah pedagang kecil gan... jangan sering ngutang kepada mereka. keuntungan rokok dalam sebungkus kecil banget gan. apalagi rokok adalah barang lancar yang kagak kenal musim dipasaran! mereka (pedagang) hanya memutar-memutar hasil dari penjualannya.. jika diutangin terus-menerus... mereka mau mutarin modal dari mana lagi? yang ada mereka (pedagang) rugi waktu gan.

2. MEROKOK DEPAN ANAK-ANAK

Bagi Agan yang udah berkeluarga dan udah punya anak... jangan pernah sekali-kali gan ngerokok depan anak gan... soalnye hal itu bise mempengaruhi pikiran anak-anak gan... jika agan kagak pengen anaknye ngerokok juga... jangan kasih dia contoh dengan ngerokok didepan anak-anak setiap saat.

3. MEMBUANG PUNTUNG ROKOK SEMBARANGAN

Merokok sah-sah aje gan... walaupun masih ada sebagian orang yang gak suka ngeliat orang ngerokok. tapi hal yang paling dibenci semua orang gan... kalo Agan ngerokok tapi buang puntungnye sembarangan. ngeselin banget tuh gan! paling ngeselin lagi gan kalo ngebuang puntung rokoknye dari dalam mobil yang melaju dijalan raya. banyak tuh gan dilakuin oleh supir-supir angkot, truk, bus, dll.

4. MEMBUANG PUNTUNG ROKOK DALAM KEADAAN APINYA MASIH NYALA

Paling kesel gan ma perokok yang ngebuang puntung rokoknye masih nyala apinye. padahalkan bahaya banget tuh kalo apinye tuh kena benda yang gampang terbakar... bise-bise kebakaran tuh gan.

5. MEROKOK SAMBIL TIDURAN

JANGAN PERNAH DICOBA NIH GAN! kadang ade tuh anak alay ngerokok sambil tidur-tiduran... kalo tidur beneran bahaya banget gan. apalagi tidurnye dikasur, rentang banget kebakar gan kalo kena kasur. belum lagi kalo rokoknye ketelan... ngeri banget dah gan.

6. ESTAFET MENGISAP ROKOK BARENG TEMEN

Bagi remaja yang masih dibiayain ma ortu... kadang-kadang sering tuh estafet 1 rokok rame-rame ma temen diisepnye. bagi Agan seorang perokok jangan pernah dicontoh tuh gan. karena keliatannye jijik gan, belum lagi berbaginye atau estafetnye ma temen yang punye riwayat penyakit yang bise menular. kan bahaya banget tuh gan.

7. NGEMIS ROKOK KETEMEN PADAHAL DALAM SAKU MASIH ADA ROKOK UTUH SEBUNGKUS

Ini mah... Pelakunye banyak dikalangan mahasiswa gan... demi menghemat pengeluaran, rokoknye dapet minta dari temen, padahal dalam sakunye ade tuh rokok yang masih utuh... ampun dah gan punye temen yang kayak gini... tiap kali dia minta sebatang rokok, selalu dikasih... tapi begitu kite yang minta juga, dienye malah banyak alasan gan.

Inilah gan beberapa hal yang Agan lakukan jika Agan adalah seorang perokok. Merokok sah-sah aja, tapi liat sikonnye gan... jangan sampe ngeganggu orang lain. menyuruh perokok untuk berhenti merokok, merupakan hal yang sangat sensitif karena akan mengundang pro dan kontra diantara Agan-Agan. Sebaiknya menghindari masalah sebelum terjerat lebih dalam lagi dari sebuah masalah.

SALAM OOM-OOM


Tuesday, December 17, 2013

Ganglion (benjolan pada pergelangan tangan)

Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. 

Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi, namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang. 

Lokasi-lokasi yang rentan terkena Kista Ganglion

  • Pergelangan tangan punggung tangan ("dorsal wrist ganglion"), pada telapak tangan ("volar wrist ganglion"), atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tangan.
  • Telapak tangan pada dasar jari-jari ("flexor tendon sheath cyst"). Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibat iritasi pada tendon - tendinitis.
  • Bagian belakang tepi sendi jari ("mucous cyst"), terletak di sebelah dasar kuku. Kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku, dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan arthritis atau taji tulang pada sendi.


Gejala & Tanda

Meskipun kista ganglion umumnya asimtomatik, gejala yang muncul dapat berupa keterbatasan gerak, parestesia dan kelemahan. Kista ganglion umumnya soliter, dan jarang berdiameter di atas 2 cm. Dapat melibatkan hampir semua sendi pada tangan dan pergelangan tangan. Dorsal wrist, volar wrist, volar retinakular dan distal interfalangeal merupakan kista ganglion yang paling sering ditemukan pada tangan dan pergelangan tangan. Ganglion terbesar terletak di belakang lutut dan biasa disebut Kista Baker.

Ahli bedah tangan yang berpengalaman juga dapat mengenali ganglion dorsal okulta (tersembunyi), yang dapat timbul dengan tekanan lembut pada regio fossa scapholunate. Nyeri terjadi dengan gerakan pergelangan tangan yang ekstrim. Temuan radiografik biasanya normal, dan MRI berguna dalam mengkonfirmasi diagnosis. Eksisi bedah pada ganglion okulta dapat menghilangkan nyeri dan gejala pada sebagian besar kasus. Sebagian pasien mengeluhkan benjolan di bawah kulit yang sebagian besar terletak pada bagian belakang pergelangan tangan, sisi telapak pada pergelangan tangan, di atas tendon pada dasar jari pada sisi telapak tangan, atau pada sendi jari terdekat ke ujung jari. 

Ganglion umumnya tidak nyeri; namun dapat menyebabkan nyeri ketika digerakkan atau menyebabkan masalah mekanis (terbatasnya ruang gerak) tergantung dari lokasi ganglion tersebut. Kista ganglion memiliki kecenderungan untuk membesar dan mengecil, kemungkinan karena cairan yang terdapat dalam kista terserap kembali ke dalam sendi atau tendon untuk kemudian diproduksi kembali. Masalah terbesar dengan ganglion adalah ketakutan pasien bahwa benjolan tersebut merupakan sesuatu yang gawat. Diagnosis didasarkan atas riwayat penyakit, pemeriksaan fisis, dan kemungkinan foto sinar x polos atau USG. Kista dapat dibedakan dari tumor padat melalui transiluminasi (berkas sinar akan melewati cairan yang memenuhi ganglion, tapi tidak jika merupakan massa tumor yang padat). Pencitraan USG juga telah digunakan untuk membedakan massa padat dan kistik di tangan

Jadi secara anatomi, yang disebut ganglion adalah kumpulan dari serabut syaraf. Dulu, kista ganglion ini diduga merupakan gangguan pada syaraf (ganglion), dan ternyata itu adalah SALAH. Kista sendiri merupakan suatu tumor jinak yang bersifat cair. Bedakan dengan tumor-tumor lain, dimana tumor tersebut padat seperti daging yang tumbuh, kista memiliki bentuk yang berbeda. Kista berwujud cairan yang dibungkus oleh kulit, namun terkadang cairannya terlalu kental dan jumlahnya terlalu banyak hingga mengakibatkan kista ini teraba seperti benda padat...

Kista ganglion ternyata merupakan kista yang tumbuh pada kantung sendi. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui, namun diduga ada hubungan dengan cedera ringan ringan yang berulang. Dugaan ini muncul karena kista ganglion ini sering terdapat pada pegawai kantoran yang menggunakan mouse dan keyboard komputer yang tidak ergonomis (tidak nyaman) dalam waktu yang lama.